Sabtu, 15 Oktober 2011

Ilmu, Akhlak dan Pendidikan


ilmu adalah pembuka jalan bagi seseorang dari ketidak pahaman menjadi paham, dengan ilmu manusia dapat melakukan apa saja bahkan mau masuk surga sekalipun dengan ilmu. maka disimpulkan betapa sangat penting kedudukan ilmu dalam kehidupan umat manusia.
akhlak adalah adab, tingkah laku, tatakrama, etika..akhlak adalah suatu bentuk kepribadian dalam sebuah kode etik, karna disetiap sudut manapun tak lepas dari yang namanya kode-kode etik...idealnya kehidupan adalah etika....karna dengan etika ini manusia akan menjadi orang yang bijak, orang yang bermural, orang yang ber adab dan orang yang peduli terhadap dirinya sendiri,lingkungan masyarakat dan mampu beradaptasi.
Pendidikan adalah sebuah tarbiyah, sebuah wujud mengembangkan potensi yang ada dalam diri manusia menjadi sebuah kenyataan..dengan pendidikan inilah kualitas seseorang akan tercipta.
ketiga komponen Ilmu, Akhlak dan Pendidikan ini saling keterkaitan dalam kehidupan ini; orang berilmu tanpa berakhlak maka hidupnya semena-mena...orang berakhlak tanpa berilmu gampang dipermainkan.....kemudian ilmu dan akhlak digabungkan menjadi satu komponen agar menjadi suatu kebutuhan yang saling terlengkapi maka jadilah yang dinamakan pendidikan.
(pendidikan itu adalah jalan menuju manusia sempurna)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar